Makanan Yang Mengandung Kolesterol Tinggi

Makanan Yang Mengandung Kolesterol Tinggi - Apa itu kolesterol ? Kolesterol berasal dari bahasa Yunani yaitu Chole yang berarti empedu, dan Stereo yang berarti padat. Dinamakan seperti itu, karena pada saat ditemukan pertama kali di abad ke-18, kolesterol ditemukan pada batu empedu.
 Makanan Yang Mengandung Kolesterol Tinggi
 Makanan Yang Mengandung Kolesterol Tinggi
Sebetulnya Kolesterol dalam kadar tertentu bermanfaat bagi tubuh. Namun, jika tidak dikontrol dan kadarnya berlebihan dalam tubuh, kolesterol dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti darah tinggi, penyakit jantung, stroke, batu empedu, dan gagal ginjal. dari Asosiasi Penyakit Jantung Amerika menetapkan bahwa kebutuhan kolesterol dalam tubuh adalah sekitar 300 mg perhari untuk orang normal, dan sekitar 200 mg per hari untuk penderita kolesterol tinggi.

dan kita sebagai orang awam sulit untuk menentukan ukuran kolesterol yang akan kita konsumsi itu seberapa banyak. dan terkadang kita tidak sadar sering juga memakan makanan yang mengandung kolesterol tinggi karena ketidak tahuan kita. dan akibatnya adalah sebuah penyakit muncul. 
Perlu diingat bahwa penyakit kolesterol tinggi tidak terjadi secara tiba-tiba, melainkan terbentuk secara perlahan akibat pola makan yang tidak sehat.
Makanan Yang Mengandung Kolesterol Tinggi

untuk pencegahan awal bagi kita agar tidak terkena penyakit akibat kebanyakan kolesterol dalam tubuh kita, berikut ini ada daftar Makanan Yang Mengandung Kolesterol Tinggi yang harus kita hindari agar tubuh kita tetap terjaga kesehatannya :
  1. Kuning Telur (ayam, bebek, puyuh). Bagian kuning telurnya mengandung kadar kolesterol yang sangat tinggi. Pada ukuran normal, sebuah kuning telur mengandung 213 mg kolesterol.
  2. Fast food (1 burger keju mengandung 175 mg kolesterol). Ini belum termasuk jika Anda menambah kentang goreng, ayam goreng, atau donat.
  3. Makaroni keju. Makanan ini tidak terlalu umum di Indonesia. Namun jika Anda mengkonsumsinya, ingat bahwa satu porsi saja sudah mengandung kolesterol yang cukup tinggi.
  4. Iga sapi. Lemak dalam iga sapi sangat tinggi. Apalagi jika dalam pengolahannya ditambahkan santan. Anda harus membatasi konsumsinya.
  5. Es krim. Kandungan lemak dalam es krim lebih tinggi dari hamburger dan donat.
  6. Seafood. Jenis yang LDL nya tinggi adalah cumi-cumi, lobster, udang, kepiting, dan kerang.
  7. Ayam goreng. Minyak untuk menggorengnya yang membuat ayam goreng memiliki tingkat kolesterol cukup tinggi.
  8. Mufin. Telur, margarin dan gula dalam komposisi pembuat mufin yang membuatnya tinggi kolesterol.
  9. Hati sapi. Apalagi yang dalam pengolahannya mempergunakan banyak santan. 3 ons hati sapi mengandung 331 mg kolesterol.
  10. Snack pabrikan yang mengandung lemak trans, misalnya kripik kentang, kukis, dan krakers.